Rabu, 06 Mei 2009

istilah istilah komputer


Mempartisi Hard Disk artinya membagi Hard Disk menjadi beberapa bagian, menjadi C, D,E dan F (maxsimum 4 bagian). Setiap bagian ini disebut dengan PARTISI, VOLUME atau DRIVE, lebih tepatnya drive C, drive D, drive E dan drive F. Jadi satu Hard Disk dapat memiliki 4 drive. Agar sistem komputer anda dapat memiliki sistem operasi ganda, maka Hard Disk anda harus dipartisi menjadi 2 bagian atau lebih. Karena sistem operasi hanya boleh menempati sebuah partisi. Jika sebelumnya Hard Disk anda hanya memiliki satu partisi dan anda meng-install Windows Xp, maka sistem operasi lama akan ditimpa (Overwrite).
Program yang digunakan untuk mempartisi Hard Disk adalah FDISK.EXE yang terdapat dalam DOS. Tetapi jika anda mempartisi Hard Disk berkapasitas besar, misalnya Hard Disk berkapasitas 20 GB, maka FDISK.EXE yang terdapat dalam DOS tidak dapat lagi digunakan, tetapi menggunakan Disket StartUp Windows 98, BootMagic atau Partition Magic.

KETERANGAN TAMBAHAN
Misalkan Hard Disk anda berkapasitas 20 GB dan di-partisi menjadi 3 bagian : misalnya drive C sebesar 5 GB, Drive D sebesar 8 GB, dan drive E sebesar 7 GB. Jadi partisi Hard Disk bagian C bukanlah sebesar 20 GB tetapi 5 GB. Jadi harap bedakan partisi dengan Hard Disk. Hard Disk adalah seluruhnya.

BOOT
Anda dapat membuat komputer anda memiliki beberapa sistem operasi sekaligus, inilah yang disebut dengan sistem operasi ganda (dual-boot atau multiple boot). Windows Xp Professional dapat dibuat dual-boot seperti di bawah ini :
1. Windows 98 dengan Windows Xp.
2. Windows 2000 dengan Windows Xp.
3. Windows NT dengan Windows Xp.
4. Windows 98, Windows 2000 dan Windows Xp (tiga buah sistem operasi).

Agar komputer anda dapat menggunakan sistem operasi ganda, maka Hard Disk komputer anda harus memiliki beberapa partisi. Jika anda membuat komputer anda dual-boot, maka setiap kali anda menghidupkan komputer, komputer akan bertanya sistem operasi mana yang akan dijalankan. Jika anda tidak memberikan jawaban selama 30 detik, maka komputer akan menjalankan sistem operasi default (dalam hal ini Windows Xp). Namun demikian, sistem operasi default dapat kita ubah kemudian melalui Windows Xp.
Setiap sistem operasi dapat anda install ke dalam sembarang partisi sesuai dengan keinginan anda, tidak harus berurutan dari C, D, E dan F. Tetapi peng-install-an sistem operasi harus dimulai dari Versi Terendah hingga Versi Tertinggi. Sebagai contoh, anda dapat menginstall Windows 2000 pada partisi D, kemudian melalui Windows 2000 anda dapat menginstall Windows Xp pada partisi C. Jika anda menginginkan 3 partisi maka caranya adalah sebagai berikut, Install Windows 98 pada partisi yang anda inginkan (misalnya pada partisi E), kemudian install Windows 2000 pada partisi D, dan terakhir install Windows Xp pada partisi C. Jadi perlu di ingat, peng-installan harus dimulai pada versi terendah hingga tertinggi, sedangkan partisi boleh acak.

SISTEM FILE (FILE SYSTEM)
Sistem File adalah suatu metode yang digunakan untuk menyimpan data ke dalam Hard Disk. Adapaun metode penyimpanan data ke dalam Hard Disk adalah sebagai berikut :

- FAT
FAT (File Allocation Tabel) adalah suatu sistem file yang digunakan oleh sistem operasi MS-DOS. Tetapi selain MS-DOS, sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows NT, Windows Xp juga bisa menggunakannya.

- FAT 32
FAT 32 adalah suatu sistem file yang merupakan perkembangan dari FAT dan dapat digunakan oleh MS-DOS, Windows 95, Windows 98, Windows NT, Windows Xp. Baik FAT maupun FAT 32 digunakan untuk Hard Disk dengan kapasitas 512 MB (Megabyte) hingga 2 TB (Terabyte). Jika anda menginstall Windows Xp ke suatu partisi yang memiliki kapasitas besar atau sama dengan 2 GB (Gigabyte), Setup akan mengubahnya secara otomatis ke FAT 32 walaupun anda memilih FAT. Sedangkan partisi yang lain dibiarkan sesuai dengan aslinya.

- NTFS
NTFS adalah singkatan dari Network File Sistem. Sistem file ini lebih baik dari FAT dan FAT 32: penyimpanan data lebih padat dan lebih aman, tetapi jenis ini hanya dapat digunakan oleh Windows 2000 dan Windows Xp.

Bagaimana cara memilih sistem file yang kita inginkan ?
Sistem file akan diberikan secara otomatis ketika anda memformat Hard Disk. Sebagai gambaran, jika anda memformat Hard Disk dengan MS-DOS, maka sistem file akan dipasang FAT. Dan jika anda memformat Hard Disk dengan ‘DISKET STARUP WINDOWS 98′, maka sistem file akan dipasangkan FAT 32. Dan ketika anda meng-install Windows Xp, SETUP juga akan menyediakan menu untuk mengubah partisi tertentu atau mengubah seluruh partisi ke dalam sistem file yang anda inginkan, bahkan menyediakan fasilitas untuk memformat ulang Hard Disk dengan sistem file yang anda inginkan. Tetapi anda tidak perlu memilih sistem file yang lain, setuju saja dengan sistem file yang sudah terpasang (tetap seperti semula - yaitu FAT 32).


PASSWORD
Adalah suatu kata sandi (kata kunci atau kata rahasia) yang dibuat oleh si pemilik komputer agar komputer tidak dapat digunakan oleh orang lain. Agar orang lain dapat menggunakan komputer tersebut, maka harus mengetahui kata sandi yang digunakan. Jadi sama seperti kartu ATM, agar dapat mengambil uang anda dari ATM, maka anda harus mengingat nomor PIN (Personal Indentification Number) anda. Dan nomor PIN ini tentulah anda rahasiakan. Windows Xp menganjurkan agar mengganti password 6 bulan sekali untuk menjamin kerahasiaannya….Terutama jika komputer anda menyimpan data-data yang wah…misalnya keuangan perusahaan atau negara. Kalau memang biasa-biasa saja (hanya untuk menyembunyikan surat-surat cinta) “enggak usah” bikin pasword, bikin capek dan lama-lamain komputer aja.

VIRTUAL MEMORY
Adalah memori sementara yang digunakan komputer untuk menjalankan program yang membutuhkan memori lebih besar dari memori yang tersedia. Program yang tidak muat dimasukkan ke dalam memori, akan disimpan ke dalam sebuah file, disebut dengan paging file. Ukuran paging file yang digunakan Windows Xp sebesar 96 MB.

MS-DOS
Adalah suatu sistem operasi berbasis teks, digunakan untuk menjalankan Wordstar, Lotus, Turbo Pascal dan lain-lain yang dirancang untuk MS-DOS. MS-DOS biasa disingkat dengan DOS saja dan disimpan dalam disket.

INTERNET
Adalah kumpulan dari berbagai komputer dari belahan bumi yang terhubung satu sama lain, yang lazim disebut dengan World Wide Network. Dengan internet kita dapat mencari berbagai informasi, mulai dari informasi sekolah, kota-kota dunia, pemerintah, teknologi, bisnis, pribadi dan lain-lain. Selain itu internet juga dapat digunakan untuk mempromosikan usaha, mempromosikan diri sendiri, mencari hiburan seperti film, game, kontak jodoh, mengirim berita, alat komunikasi dan lain-lain. Jadi singkatnya Internet adalah sumber informasi, alat dan komunikaasi hiburan.

CD (COMPACT DISC)
CD yang merupakan singkatan dari Compact Disc adalah sebuah piringan (disc) berkapasitas tinggi, dan berfungsi sebagai penyimpan data. Adapun jenis-jenis CD adalah sebegai berikut : CD-ROM, CD-R, CD-RW. CD-ROM, CD-R maupun CD-RW biasa disingkat dengan CD. Beberapa tahun yang lalu, CD sasma artinya dengan CD-ROM, Karena belum ada CD-R dan CD-RW.

CD ROM DAN DRIVE CD - ROM
CD-ROM adalah singkatan dari Compact Disc Read Only Memori, yaitu suatu jenis CD berkapasitas besar. CD-ROM digunakan untuk menyimpan program-program besar seperti Microsoft Windows, Microsoft Office dan lain-lain. Juga digunakan untuk menyimpan film dan lagu-lagu seperti yang terdapat di ’software house’ dan rental-rental CD.
Agar anda dapat menggunakan CD-ROM, maka alat yang perlu anda beli adalah Drive CD-ROM. Drive CD-ROM inilah alat untuk memutar CD-ROM.

CD-R, CD-RW DAN DRIVE CD-RW
CD-R (Compact Disc Recordable) adalah sebuah jenis CD yang dapat kita isi sendiri dengan bantuan komputer. Baik bentuk fisik maupun kapasitasnya sama seperti CD-ROM. Sekali CD-R kita isi, maka isinya tidak dapat lagi kita hapus atau kita ganti. Sedangkan CD-RW (Compact Disc Rewritable) adalah sebuah jenis CD yang isinya sapat kita hapus jika kita inginkan, dan mengisinya kembali dengan data-data yang lain.

DVD DAN DRIVE DVD
DVD (Digital Video Disc) sama dengan CD-ROM, tetapi kualitas DVD lebih baik dibandingkan CD-ROM dan kapasitasnya lebih besar. Untuk memutar DVD digunakan DRIVE DVD, sama seperti CD-ROM dengan DRIVE CD-ROM, atau CDR/CD-RW dengan DRIVE CD-RW, Jika memutar film dengan DVD, maka suaranya akan lebih menggelegar dan gambarnya lebih baik.

DRIVE CD
Drive CD sama artinya dengan drive CD-ROM atau Drive CD-RW.

CD PLAYER
CD PLAYER adalah alat untuk memutar Audio CD (CD yang berisi lagu-lagu tanpa gambar). Saat ini, CD player sudah digantikan dengan VCD Player. Sebab produk terbaru VCD Player sudah dapat memutar VCD, Audio CD maupun MP3. Windows Xp sendiri dapat memutar VCD, Audio CD maupun MP3.

VCD (VIDEO COMPACT DISC)
VCD (Video Compact Disc) adalah CD yang berisi film atau lagu dengan gambar. Karaoke juga termasuk ke dalam VCD, disebut VCD Karaoke. Sedangkan CD yang berisi lagu-lagu tanpa gambar disebut Audio CD.

VCD PLAYER
VCD Player (Video Compact Disc Player) adalah sebuah alat untuk memutar VCD (CD yang berisi film atau lagu dengan gambar), Audio CD (lagu tanpa gambar) dan MP3 (juga lagu tanpa gambar). VCD Player digunakan dengan televisi, VCD Player tidak dapat memutar CD yang berisi program Windows Xp. Pada layar televisi anda akan keluar pesan “Unknown Disc” (piringan tidak dikenal).
Dalam keadaan default, film atau lagu yang kita copy ke dalam CD (CD-R atau CD-RW) tidak dapat dijalankan oleh VCD Player, karena formatnya berbeda. Format film yang didukung oleh VCD Player adalah *.DAT, *.MWV (Windows Media Video) dan *.AVI (Audio Video Interleave). Selain itu, ada beberapa file tambahan agar VCD Player dapat menjalankan CD-R atau CD-RW. Oleh karena itu, agar film atau lagu yang anda copy ke dalam CD-R atau CD-RW dapat dijalankan dengan VCD Player (termasuk file yang dipotong dengan berbagai macam program aplikasi) maka film atau lagu tersebut kita simpan ke dalam CD-R atau CD-RW dengan menggunakan program NERO.

AUDIO CD
AUDIO CD adalah CD yang berisi lagu-lagu tanpa gambar. Pada Windows 98 dan Windows 2000 untuk memutar audio CD digunakan program CD Player, sedangkan untuk memutar VCD digunakan Windows Media Player. Sedangkan Windows Xp, Windows Media Player sudah dapat memutar audio CD, VCD dan MP3.

MP3
MP3 adalah lagu tanpa gambar. MP3 hampir sama dengan Audio CD hanya formatnya yang berbeda.

SOFTWARE
SOFTWARE artinya perangkat lunak atau program. Contoh Software adalah Microsoft Windows Xp, Microsoft Office Xp, Microsoft Visual Basic, Macromedia Flas Mx, Jast Animation Shop, SwisHmax, ACD see Sistem dan lain sebagainya.

HARDWARE
HARDWARE artinya perangkat keras. Contoh hardware adalah CPU, keyboard, monitor, printer, scanner, modem dan lain-lain.

INSTALL
INSTALL artinya memasang program (perangkat lunak) ke dalam komputer. Semua perngkat lunak (misalnya Microsoft Windows Xp, Microsoft Office Xp, Adobe Potoshop 7.0, Adobe Page Maker, Corel Draw 11, Flas MX, Ulead GIF, Adobe Ilustrator dan lain-lain) harus kita install terlebih dahulu barulah bisa digunakan. Selain itu, Install juga berfungsi untuk menyesuaikan program dengan peralatan-peralatan yang terpasang pada komputer kita, dan menggunakan file-file yang dipadatkan. Sebab ketika perangkat lunak diluncurkan, file-file dipadatkan (di-compress) untuk memperkecil ukuran file.

Cara meng-install perangkat lunak berbeda satu sama lain, tetapi logikanya sama. Saat ini, semua perangkat lunak disimpan di dalam CD-ROM, dan menu INSTALL langsung keluar dilayar begiu CD-ROM dimasukkan ke dalam drive CD-ROM. Itulah yang disebut AUTORUN (berjalan secara otomatis). Ikuti saja pesan-pesan yang tampil di layar hingga selesai. Jika CD-ROM tidak AUTORUN, anda bisa menginstall program tersebut melalui menu Run yang terdapat pada Start.

UNINSTALL
UNINSTALL adalah kebalikan dari INSTALL, yaitu menghapus kembali program dari dalam komputer.

SETUP
Jika install memasang program ke dalam komputer dan menyesuaikan program dengan hardware yang terpasang, maka SETUP adalah mengatur konfigurasi yang terpasang sesuai dengan keinginan si pemakai. Contohnya yaitu; Menekan tombol DEL pada waktu komputer di hidupkan untuk mengubah konfigurasi yang terpasang, misalnya mengubah ‘boot sequence’ dari C ke A menjadi A ke C agar drive A selalu dibaca setiap kali menghidupkan komputer. Dalam beberapa hal, SETUP sama artinya dengan INSTALL. Jika anda melihat file SETUP.EXE, itu juga file Install.

DRIVER
DRIVER adalah software tambahan untuk perangkat keras tertentu. Beberapa perangkat keras, memerlukan driver agar dapat dijalankan dengan komputer (Windows). Sebagai contoh, agar anda dapat menggunakan Printer, maka driver yang disediakan pembuat printer tersebut harus kita install terlebih dahulu, barulah printer dapat kita gunakan. Driver berbeda-beda untuk setiap perangkat keras.

DEFAULT
DEFAULT adalah SETTING (nilai) yang terpasang ketika software diluncurkan, seperti bandrol. Sebagai contoh, default wallpaper yang terpasang pada waktu Windows diluncurkan adalah None (tanpa wallpaper).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar